Ada Yang Baru Dijuly

Jalan- Jalan Misterius

Ada banyak keanehan dan keunikan di dunia ini, termasuk pada jalan. Berikut ini cuplikan 10 jalan yang menakjubkan dan unik di dunia.Misalnya, jalan terpendek di dunia hanya 2,06 mete, terdapat di Scotlandia. Atau jalan terpanjang Pan America Highway yang panjangnya 48.000 km melintasi 15 negara di benua amerika.

Yang tak kalah menariknya, jalan medan magnetic atau disebut juga optic khayal. Karena ketika kita melihat jalan itu datar, tapi saat melewatinya mobil terasa berat dan pelan seolah sedang menanjak, tapi ketika kita melihat jalan itu menanjak, yang terjadi justru sebaliknya, mobil akan meluncur dengan cepat bahkan bisa mencapai 120 km/jam, tanpa digas. Seolah kita tengah menuruni bukit terjal. Bahkan, mobil bisa meluncur dalam posisi mesin mobil mati. Aneh!! Tapi ini memang fenomena alam.

Berikut 10 jalan aneh di muka bumi ini:
1.Jalan Paling Curam ( New Zealand) Jalan Baldwin di Dunedin, Selandia Baru, disebut jalan paling curam di dunia yang berada di dalam kota. Maklum saja, kota-kota di Selandia Baru banyak dibangun di daerah pegunungan dan bukit bukit, termasuk Dunedin. Yang uniknya, jalan-jalan di daerah perkotaan yang berbukit-bukit itu, dibuat oleh perencanaan kota Inggris, yang belum pernah datang ke Salandia Baru. Karenanya, si perencana kota tidak tahu kondisi juga struktur daerah pegunungan. walhasil, jadilah perancangan kota yang aneh, salah satunya bentuk jalan Baldwin ini. Bayangkan, tingkat kemiringan jalan baldwin mencapai 35 drajat, curam sekali! Dan pastinya sangat berbahaya buat lalu lintas.



2.Magnetic Hills atau Bukit Gravitasi

Magnetic hills atau bukit
gravitasi merupakan jalan unik yang tidak bisa dilihat hanya bisa dirasakan. Karenanya sering disebut khayal optik. Bila mengendarai jalan ini, sekalipun kita melihatnya sebagai jalan datar, namun dalam mengendarai terasa berat seolah kita tengah menanjak perbukitan, sebaliknya, ketika melihat jalan itu berbukit, namun kendaraan bisa menjadi sangat cepat seolah menuruni perbukitan, bahkan tanpa di gaspun, mobil bisa meluncur dengan cepat, layaknya kita menuruni perbukitan.

Konon, mobil dengan mesin mati pun bisa meluncur dengan kencang. Orang yang sudah terbiasas melewati jalan ini, mungkin tak masalah, karena sudah tahu, Tapi yang belum pernah, pasti akan shock bahkan tak mustahil kehilangan kendali saking kaget. Karenanya, biasanya untuk daerah2 unik seperti ini, pasti ada petunjuk khusus. Di dunia, ada ratusan jalan dengan medan magnetik seperti ini, tapi di Amerika adalah yang terbanyak.

3.Savoy Court Inggris

Berbeda dengan amerika serikat atau negara lain di eropa, hanya di Inggris anda harus mengendarai mobil di jalan sebelah kanan, padahal orang Inggris naik mobil disebelah kiri. Bingung kan?! Tapi hanya satu jalan di Inggris, di mana naik mobil harus disebelah kanan yakni di Jalan Savoy Court. Ini merupakan sebuah peraturan yang memiliki sejarah tersendiri. Rupanya ada perjanjian di masa lalu Hackney Cabs-dengan dengan naik mobil di sebelah kanan, pegemudi dapat untuk membuka pintu belakang tanpa harus turun dari mobil, dan penumpang pun bisa langsung berjalan di trotoar.

4.Magic Roundabout

Disebut jalan paling jelek di dunia. Letaknya di Swindon, Inggris, dibuat tahun 1972, termausk lima bundaran yang lebih kecil lainnya. Jalan ini sebenarnya sudah 'terkenal' di internet saking jelek bentuknya, malah kerap muncul dalam gambar-gambar lucu sebagai ledekan. Uniknya untuk melintasi, harus berlawanan dengan arah jarum jam untuk mencapai bundaran tengah yang lebih kecil. Swindon Junction disebut persimpangan jalan paling jelek se-Inggris Raya.

5.Lombard Street di San Francisco

Jalan Lombard disebut jalan paling berliku-atau berbelok-belok, di dunia. Diibaratkan seperti jepit rambut, karena anehnya. Ada delapan kelokan. Ditambah lagi ada kelolakan-kelokan di jalan yang curam. Yang berbahaya karena jalan ini untuk dua arah, sementara lebar jalan terbilang sempit. Untungnya segera dibuat antisipasi, sehingga sekarang untuk bagian jalan yang sempit dan berkelok-kelok, hanya dibolehkan satu jurusan saja. Ini untuk mengurangi bahaya. Juga dibuat larangan parkir di pinggir jalan.

6..De Julio Avenue Argentina

Ini jalan paling lebar di dunia namanya 9 De Julio Avenue di Argentina.Nama jalan ini mengacu pada tanggal dan bulan hari kemerdekaan argentina yakni 9 juli. Mempunyai enam jalan kecil di masing-masing jurusan dan meliputi seluruh blok kota. Ada sebuah gedung yang berada di sisi jalan raya itu, gedung itu dulunya bekas kementrian komunikasi. Di sisi-sis jalan ada banyak petunjuk penting, seperti gedung tua kedutaan besar Prancis, patung Don Quixote, dan tugu terkenal berada di tengah (kelihatan di gambar di atas) dan Plaza de la República.

7.Road To Giza (Mesir)

Jalan menuju Giza adalah jalan aspal tertua di dunia. Jalan ini berumur 4600 tahun, lebarnya 6,5 feet, jaraknya 7,5 mil. Jalan ini menghubungkan sebelah barat daya Kairo ke dermaga di Lake Moeris dan menyambung menuju Nile.

8.Pan-American Highway, paling panjang di dunia

Pan- American Highway adalah jalan terpanjang di dunia, melampaui jalan Yonge, Toronto, Kanada. Panjangnya sungguh luar biasa, mencapai 48.000 km atau 29.800 mil. Jalan ini pun melintasi negara-negara yang berada di benua amerika, tercatat ada 15 negara yang dilintasi jalan ini antara lain, Kanada, Meksiko, Peru, Argentina, dan El Salvador.

9.Ebenezer Place, jalan terpendek di dunia ( Scotlandia)

Jalan ini terpendek di dunia terdapat di Scotlandia, panjangnya hanya 2,06 meter. Dan, hanya 1 gedung berada di jalan itu. Gedung itu adalah hotel (Mackays). Pemilik hotel diperintahkan untuk menulis nama jalan itu. Tapi jalan itu termasuk tertua, karena sudah ada sejak tahun 1883.Resmi dinyatakan sebagai jalan tahun 1887.



10.Parliament Street, Inggris

Parliament Street di Exeter, Inggris, salah satu jalan tersempit di dunia. Semua disebut small street, tapi kemudian berubah nama menjadi jalan parlemen pada tahun 1832. Lebarnya 62 cm panjangnya 50 meter. Jalan ini sempat masuk Guinness World Record sebagai jalan tersempit di dunia. Namun kemudian rekor itu dipatahkan jalan Reutlingen di Jerman yang lebarnya hanya 31 cm. Jalan Reutlingen inipun sudah ada sejak abad ke-18.
source:listverse

0 komentar:

 

THANKS FOR VISIT - Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger